Negativity Bias: Kenapa di Media Sosial Kita Lebih Ngerespon Informasi Negatif?

Negativity Bias: Kenapa di Media Sosial Kita Lebih Ngerespon Informasi Negatif?
Sadar nggak, kita media sosial tuh lebih sering lihat video mengenai tragedi, kesedihan, dan ketegangan yang sering kali entah kenapa punya perhatian lebih besar sehingga menjadikan kita lebih tertarik dibandingkan dengan video yang menampilkan kebahagiaan atau kebaikan. Terus, apa yang menyebabkan kita lebih tertarik pada informasi negatif? Jawabannya adalah Negativity Bias Apa Itu Negativity Bias? Negativity bias adalah kecenderungan psikologis untuk lebih memperhatikan, mengingat, dan merespons terhadap pengalaman negatif dibandingkan pengalaman positif. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh psikolog Paul Rozin dan Edward Royzman pada tahun 2001. Mereka mengemukakan bahwa manusia secara alami lebih waspada terhadap hal-hal yang berpotensi membahayakan, sehingga otak kita lebih cepat bereaksi terhadap informasi negatif. Negativity Bias di Era Media Sosial Di era digital, negativity bias memiliki implikasi yang signifikan. Media sosial telah menjadi bagian…

Posting Komentar