Alasan Kenapa Kamu Harus Backup File Penting

Baru-baru ini, Pusat Data Nasional (PDN) Indonesia mengalami serangan ransomware yang mengakibatkan kerugian besar. Data di PDN terenkripsi oleh pereta yang memaksa pemerintah untuk menghadapi gangguan serius dalam layanan publik. Mirisnya, insiden ini terungkap bahwa PDN tidak memiliki data cadangan (backup), yang memperlambat proses pemulihan secara signifikan. Serangan ini menyoroti betapa pentingnya melakukan backup data baik bagi instansi, maupun individu. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus backup datamu sekarang!

thumbnail-backup-file-penting

Alasan kenapa harus backup file pening

Mencegah kehilangan data

Backup membantu mengamankan data penting dari risiko kehilangan atau kerusakan akibat serangan virus atau malware, maupun human error (kerusakan perangkat). Dalam situasi di mana file utama hilang, cadangan ini bisa menjadi penyelamat kamu. Backup data memastikan bahwa kamu tidak kehilangan informasi penting saat terjadi hal yang tidak terduga.

Mempunyai file cadangan

Dengan backup yang rutin, kamu bisa dengan mudah memulihkan data yang hilang tanpa harus memulai semuanya dari awal karena mempunyai salinan file aslinya.

Hemat waktu dan biaya

Ketika kamu kehilangan data penting karena data tidak di backup, misalnya harddisk rusak karena laptop kamu jatuh, maka biayanya akan sangat mahal dan proses pemulihannya akan sangat lama. Oleh karena itu, dengan memiliki backup kamu akan meminimalisir hal tersebut terjadi

Melindungi ancaman malware

Ransomware menjadi ancaman serius, seperti yang dialami oleh PDN. Dengan backup data, kamu bisa memulihkan data tanpa harus membayar tebusan kepada peretas.

Cara backup file

terdapat dua cara yang umum untuk melakukan backup file

Hard Drive Eksternal

Cara tradisional ini melibatkan menyalin file penting ke hard drive eksternal secara berkala. Jadi kamu harus melakukan salin file penting ke hard disk secara manual. Cara ini terkesan old, tetapi akan memberikan alternatif jika hardisk pada laptop kamu rusak

Penyimpanan Cloud

Layanan seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud memungkinkan kamu menyimpan file di server online yang aman. Keuntungan utama dari cloud storage adalah aksesibilitas dan kemudahan berbagi file dengan orang lain. Kamu harus mengupload baik secara manual maupun otomatis file kamu ke cloud menggunakan internet

Kesimpulan

Melakukan backup data sangat penting untuk melindungi informasi berharga dari berbagai ancaman dan kejadian yang tidak terduga. Kejadian serangan ransomware pada Pusat Data Nasional Indonesia baru-baru ini menyoroti risiko besar yang bisa terjadi jika data tidak di-backup. Melakukan backup secara rutin, baik melalui hard drive eksternal maupun penyimpanan cloud, berarti mencegah kehilangan data, menghemat waktu dan biaya, serta melindungi file dari ancaman malware. Jangan tunggu sampai terjadi hal yang tidak diinginkan dan mulai backup data pentingmu sekarang juga!

Posting Komentar